Ketidak Pedulian terhadap Hijab, Pemicu Kerusakan Moral

Ayatullah Makarim Syirazi berkata, “Hijab bukan hanya menebarkan manfaat namun juga dapat mencegah kemungkaran ataupun ketidak amanan yang mungkin terjadi. Kebanyakan penyebab keburukan akhlak sosial dalam sebuah Negara karena kebanyakan kaum perempuannya tidak memberikan perhatian pada persoalan hijab. Karenanya keluarga dituntut, untuk memberikan perhatian pada persoalan hijab ini, sebab ini adalah persoalan kita bersama.”

Menurut Kantor Berita ABNA, Ayatullah al- Uzhma Nashir Makarim Syirazi mengawali pelajaran Fiqh di masjid A’dzam Qom yang diasuhnya menyangkut adab beliau berkata, “Dalam agama Islam, semua hal ada aturannnya, dan kita tidak boleh menyepelekan aturan tersebut begitu saja.”

Selanjutnya beliau menegaskan, “Dalam Islam hatta persoalan rambut ada aturannya, ini menunjukkan betapa Islam memberi perhatian kepada persoalan masyarakat.”

Ayatullah Makarim Syirazi kemudian mengarah kepada pendidikan anak, “Islam mengenai pendidikan anak memulai dari pemberian nama. Berikanlah nama-nama yang indah kepada anak, hindari pemberian nama yang bermakna jelek dan juga hindari pemberian nama yang telah ditetapkan Allah swt sebagai nama-Nya yang khusus. Islampun dalam menetapkan bahwa pemberian nama kepada anak adalah hak kedua orangtuanya, anggota keluarga lain harus memperhatikan hal ini.”

Pada bagian lainnya ceramahnya, ustad pengajar hauzah ilmiyah Qom ini kemudian membahas masalah hijab. Beliau berkata, “Mengenai hijab, dalam Al-Qur’an banyak ayat yang diturunkan khusus mengenai hijab. Menunjukkan penting dan urgennya hijab dalam Islam. Dan sebagai muslim, tidak dibenarkan sama sekali untuk melalaikan satupun ayat dalam Al-Qur’an. Menyepelekan sama halnya mengingkarinya.”

Ayatullah Makarim Syirazi lebih lanjut berkata, “Kita tahu betapa hijab memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sosial bermasyarakat, sementara masih banyak Negara-negara di dunia ini justru menetapkan pelarangan penggunaannya atau memandang negatif penggunaan hijab. Karenanya dakwah atau ajakan untuk mengetahui pentingnya hijab harus lebih digalakkan.”

“Sampai saat ini, kita masih juga mendengar pandangan buruk mengenai penggunaan hijab. Padahal berjilbab dengan serampangan atau tidak berjilbab sama sekali akan menimbulkan efek negatif dalam kehidupan sosial.” Tegas ulama yang juga sebagai marja taklid ini.

Lebih detail mengenai hijab, Ayatullah Makarim Syirazi berkata, “Hijab bukan hanya menebarkan manfaat namun juga dapat mencegah kemungkaran ataupun ketidak amanan yang mungkin terjadi. Kebanyakan penyebab keburukan akhlak sosial dalam sebuah Negara karena kebanyakan kaum perempuannya tidak memberikan perhatian pada persoalan hijab. Karenanya keluarga dituntut, untuk memberikan perhatian pada persoalan hijab ini, sebab ini adalah persoalan kita bersama.”

“Meskipun banyak Negara muslim yang menginjak-injak aturan berhijab ini, seperti Turki misalnya. Kita harus tetap memegang kukuh syariat Allah ini. Negara kita (Iran) ini berdiri berdasarkan aturan Islam karena pengorbanan para syuhada. Kita sebagai pelanjut perjuangan mereka, tidak boleh membuat darah mereka tertumpah sia-sia. Kita harus tetap menjalankan Negara ini dalam jalur Islam yang mereka perjuangkan.” Pesan beliau di akhir ceramahnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s