Demi Cinta dan Pluralitas, Ahlulbait Indonesia Dideklarasikan

Segera Dideklarasikan Organisasi Ahlulbait Indonesia

Rabu, 15 Juni 2011

Hidayatullah.com–Terkait dengan rencana peringatan kelahiran Sahabat Nabi Ali bin Abi Thalib as, akan dideklarasikan organisasi Ahlulbait Indonesia. Acara yang diselenggarakan hari, Rabu (15 Juni 2011) malam bertempat di Gedung Balai Prajurit Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan.

Dalam rilisnya yang dikirim ke redaksi hidayatullah.com, Ketua Dewan Syura Ahlulbait Indonesia, Dr. Umar Shahab, MA., Lc mengatakan, kecintaan terhadap Ahlulbait telah menjadi bagian dari sejarah dan budaya masyarakat Indonesia sejak Islam hadir di bumi Nusantara.

“Lahir dari kecintaan dan ikatan yang telah mengakar itulah sejak lama masyakarakat Indonesia mengharapkan hadirnya sebuah organisasi kemasyarakatan yang mencerminkan nilai-nilai Ilahi yang diajarkan Rasulullah dan Ahlulbait sucinya di negeri tercinta ini,” tulisnya.

Karena itu, kehadiran organisasi bernama Ahlulbait Indonesia pada Rabu (15/o6/2011) malam di Jakarta, diharapkan mampu mengemban fungsi perdamaian, terangnya.

Sementara itu, Sekjen Ahlulbait Indonesia Drs. Ahmad Hidayat mengatakan, organisasinya berbeda dengan IJABI (Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia), salah organisasi Syi’ah yang telah sebelumnya berdiri.

“Kita beda orang dan beda organisasi, namun memiliki kesamaan dalam semangat,“ ujar kepada hidayatullah.com, Rabu siang.

Selain ada “Wiladah Ali Bin Abi Thalib” dalam acara nanti juga ada ceramah tentang Imam Ali oleh Ustad Muhammad bin Alwi BSA. Selain itu ada sambutan Ketua Dewan Syura Ahlulbait Indonesia, sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat DPP, dan orasi Sekjen DPP Ahlulbait Indonesia.

Menurut Ahmad Hidayat, sebelumnya, organisasi ini hanyalah berbentuk sebuah yayasan biasa yang bergerak pada bidang sosial, namun setelah perjalanan lima tahun, maka diputuskan menjadi sebuah organisasi.

Meski baru, Hidayat mengklaim, organisasi ini telah memiliki banyak pengikut (jamaah).

“Kalau dihitung-hitung, telah menyebar dari Aceh sampai Papua, “ujarnya. *
Rep: CR-3
Red: Cholis Akbar
Sumber : http://www.hidayatullah.com/read/17528/15/06/2011/segera-dideklarasikan-organisasi-ahlulbait-indonesia.html
___________________________________________________________________________________________________
Rabu, 15 Juni 2011 | 14:04 WI

TEMPO Interaktif, Jakarta – Berlandaskan niat melawan segala bentuk penindasan, rasisme, fanatisme golongan, sektarianisme, dan tindakan-tindakan antikemanusiaan lainnya, sekelompok anggota masyarakat mendeklarasikan organisasi massa Ahlulbait Indonesia, Rabu, 15 Juni 2011, di Jakarta. Para jamaah Ahlulbait Indonesia mendaulat Hassan Alaydrus sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ahlulbait Indonesia dan Umar Shahab sebagai Ketua Dewan.

Umar Sahab mengatakan, organisasi ini didirikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Untuk mengemban fungsi perdamaian yang dirindukan masyarakat,” kata Umar Shahab.

Menurut Hasan Alaydrus, deklarasi ini hanya langkah awal melayani masyarakat. “Ahlulbait Indonesia meyakini kehadirannya diperuntukkan seluruh rakyat,” kata Hasan. “Kami percaya kebhinekaan mengandung pesan kemanusiaan, serta perbedaan merupakan pelajaran berharga untuk meningkatkan rasa solidaritas.”

Hasan memaparkan, Ahlulbait Indonesia meyakini persatuan Islam tak mungkin terwujud tanpa langkah nyata melawan segala bentuk upaya memecah-belah umat Islam. “Kami percaya, persatuan umat Islam akan menjadi solusi bagi masalah moral yang menerpa bangsa ini,” kata Hassan.

Maka, dalam deklarasinya, Ahlulbait Indonesia menegaskan sebagai ormas yang menjadi garda depan menegakkan nilai-nilai akhlakul karimah. “Bagaimana pun, nilai-nilai akhlakul karimah adalah syarat mutlak bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Hassan Alaydrus.

Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/kesra/2011/06/15/brk,20110615-340872,id.html
*********************************************************************************************************************
Teks pidato deklarasi ABI (Ahlul Bait Indonesia)
15 Juni 2011

Organisasi sosial keagamaan bernama Ahlulbait Indonesia yang kami deklarasikan hari ini, lahir dari kehendak kuat untuk mengamalkan tuntunan Rasulullah saw dan Ahlulbaitnya dalam rangka membela manusia dan kemanusiaan, melayani rakyat Indonesia yang tercinta, berperan aktif dalam menciptakan persatuan dan kesatuan serta membela negara kesatuan republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Organisasi ini lahir dari sebuah kerinduan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa yang seiring sejalan dengan ajaran suci Rasulullah dan Ahlulbaitnya. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini kami ingin menyampaikan beberapa pemikiran sebagai dasar dari pendirian organisasi Ahlulbait Indonesia.

Pertama, Ahlulbait Indonesia sepenuhnya yakin bahwa berbagai krisis yang kita hadapi bersama dewasa ini merupakan akibat langsung dari berlangsungnya secara sistematis segala bentuk penindasan, kesemena-menaan, eksploitasi, rasisme, fanatisme golongan, sektarianisme dan tindakan-tindakan anti kemanusiaan lainnya. Pancasila dan UUD 45 yang diinspirasi oleh ajaran al-Quran dan Sunnah Rasul dan Ahlulbaitnya yang suci mengajarkan kepada kita semua untuk bangkit dan berjuang menghapuskan segenap tindakan anti kemanusiaan itu demi memperbaiki manusia dalam aspek lahiriah dan batinnya, di dunia dan akhirat.

Kedua, Ahlulbait Indonesia percaya bahwa deklarasi organisasi hanyalah sebuah langkah awal menuju ribuan bahkan jutaan langkah dalam melayani rakyat Indonesia yang kita cintai ini. Untuk itu, Ahlulbait Indonesia berkeyakinan bahwa salah satu prasyarat bagi terwujudnya kemauan melayani rakyat adalah Persatuan Umat Islam dalam berbagai aspek yang membentuk mayoritas dari komponen bangsa ini. Oleh karena itu. Ahlulbait Indonesia harus berada pada garda terdepan bersama-sama dengan organisasi-organisasi Islam dan kemasyarakatan lainnya untuk mewujudkan dan memelihara persatuan Islam tersebut. Karena persatuan adalah prasyarat mutlak tumbuhnya kemampuan dan kekuatan melayani rakyat dan membela masyarakat yang tertindas.

Ketiga, Ahlulbait Indonesia percaya bahwa kebhinnekaan Indonesia adalah ciri yang melekat pada bangsa ini yang apabila mendapatkan perhatian dan pengelolalaan yang tepat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara maka akan menciptakan tatanan kehidupan yang indah dan mempesona. Untuk itu Ahlulbait Indoensia memandang bahwa kebhinnekaan tersebut adalah karunia besar dari Allah Swt yang wajib kita jaga dalam tatanan peradaban bangsa ini, karena didalamnya terkandung pesan kemanusiaan yang dapat menjadi contoh bagi bangsa-bangsa lain di dunia. Bahwa jati diri manusia yang Allah ciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling mengenal dan saling menolong dalam kebaikan dan ketakwaan adalah prasyarat dalam meletakkan dasar-dasar pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

Keempat, Ahlulbait Indonesia didirikan dengan penuh kesadaran dan kerandahan hati bahwa untuk dapat memberikan sumbangan hakiki bagi rakyat Indonesia, harus memulainya dari diri sendiri, maka itu, Ahlulbait Indonesia bertekad mewujudkan masyarakat Ahlulbait yang mandiri dalam bidang sosial, politik, budaya dan ekonomi dalam berbagai aspeknya. Ahlulbait Indonesia menyadari bahwa untuk mengantar rakyat Indonesia keluar dari kebangkrutan moral dan spiritual haruslah melepaskan diri dari kebiasaan mengurung diri, eksklusif dan sektarian. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini kami ingin menegaskan bahwa Ahlulbait Indonesia adalah bagian integral dari bangsa ini baik dalam kulturalnya maupun idiologinya dan tidak dapat dipisahkan dari nilai-nilai budaya bangsa ini.

Saudara-saudara ku yang mulia.

Atas seluruh cita-cita tersebut, kami tentu berharap partisipasi dan dukungan dari berbagai kalangan baik pemerintah, organisasi-organisasi kemasyarakatan dan hadirin sekalian untuk bahu membahu dalam menegakkan cita-cita para pejuang kemerdekaan bangsa ini.

Kami percaya bahwa Allah Swt, Rasul dan Ahlulbait yang suci akan meridhai langkah ini dan memberi kita semua taufik untuk mewujudkan harapan baik ini di bumi tercinta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terima kasih, wal afwu minkum

Wassalamu ‘alaykum wr wb.

Iklan

One response to “Demi Cinta dan Pluralitas, Ahlulbait Indonesia Dideklarasikan

  1. subhanallah…….semoga dapat berjalan sesuai apa yg di cita citakan….Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s