Galeri

Dialog Terbuka Sunni – Syiah di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Perubahan politik Timur-tengah pada dekade terakhir ini yang ditandai dengan tumbangnya sejumlah rezim penguasa otoriter besutan Amerika Serikat (AS), mulai dari Tunisia, Mesir, Libia, mungkin segera menyusul Yaman, Bahrain bahkan boleh jadi Arab saudi menunjukkan bahwa peran politik Amerika Serikat dan negara-negara Barat di Timur Tengah mengalami kegagalan.

Indonesia adalah negara yang memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia. Jumlahnya diperkirakan mencapai lebih kurang 200 juta jiwa. Jumlah tersebut tentu memiliki potensi yang sangat besar dan strategis dalam seluruh bidang, politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan. Posisi inilah yang menjadikan Indonesia sebagai target berbagai kekuatan poitik dunia.

Tak pelak, Indonesia dijadikan negara yang empuk untuk melanjutkan peran politik AS. Kuku-kuku jahat AS dan sekutunya terus dihujamkan sekuat mungkin. Cara-cara merekasangat kotor!

Yaitu mengadu domba anak bangsa dan memecah persatuan umat Muslim di Indonesia.

Isu konflik Sunni-Syiah kemudian dihembuskan agar jalinan persatuan yang telah terbangun berabad-abad terkoyak dan retak. Bola panas yang mereka gulirkan bertujuan menguatkan kesalahpahaman yang berujung pada pertikaian sunni-syiah. Dengan kekacauan itu AS dan sekutunya itu akan mengambil kesempatan merebut kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia.

Sunni dan Syiah adalah umat Islam yang satu. Sembahan mereka sama yaitu Allah SWT, nabi mereka sama yaitu Muhammad Rasulullah saw, kitab mereka sama Al Quran yang suci. Kita bisa ibaratkan sunni dan syiah berada di tubuh yang sama. Maka tak mungkin di dalam tubuh yang sama akan saling bertikai dan menyakiti.

Sejurus dengan ancaman konflik yang dikobarkan itu, upaya-upaya menyemai bibit persatuan kembali digiatkan. Berbagai kegiatan diskusi, seminar, dialog, dan kajian ilmiah digelar untuk menumbuhkan lagi sikap toleran dan saling menghormati antara pemeluk mahzab sunni dan syiah.

Salah satu acara dialog sunni-syiah digelar diUniversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga pada 19 Februari 2012. Dialog itu bertujuan memberikan pemahaman yang utuh mengenai dua mahzab besar di Indonesia bahkan dunia kepada Mahasiswa.

http://ahlulbaitindonesia.org/index.php/berita/nasional/941-dialog-terbuka-sunni–syiah-di-universitas-islam-sunan-kalijaga-yogyakarta.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s