Galeri

Berbuatlah Kebajikan, Kecil atau Besar, dan Jangan Menyepelekannya

اِفْعَلُوا الْخَيْرَ وَ لَا تُحَقِّرُوا مِنْهُ شَيْئاً فَإِنَّ صَغِيرَهُ كَبِيرٌ وَ قَلِيلَهُ كَثِيرٌ.[*]

Diriwayatkan Imam Ali as berkata: “Lakukanlah kebajikan dan jangan kau meremehkannya, sesungguhnya hal kecilnya adalah sesuatu yang besar dan sedikitnya adalah sesuatu yang banyak.”

Ayatullah Mojtaba Tehrani menjelaskan hadis dari Imam Ali as itu dan mengatakan, “Perbuatan yang kita lakukan di dunia ini biasanya kita nilai dengan parameter duniawi. Kita melihatnya secara materi dan kita meletakkan nilai pada perbiatan tersebut, artinya semakin besar kapasitasnya maka semakin besar pula nilainya. Padahal dalam masalah-masalah maknawi cara penilaian seperti ini tidak benar, karena untuk masalah maknawi ada paramater khusus. Karena masalah maknawi itu berkaitan dengan alam lain, sebab itu kita harus melihatnya dengan penglihatan barzakh.”

“Amirul Mukminin dalam riwayat ini menekankan kepada kita untuk melakukan kebajikan. Amal kebajikan itu mencapai ibadah dan ketaatan. Setiap perbuatan di jalan Allah Swt dan dilakukan dengan ikhlas dan bukan untuk mencari nama atau pamer, adalah amal kebajikan yang sesungguhnya. Amal yang dilakukan manusia hanya demi Allah, mungkin jika kita melihatnya dengan parameter duniawi, maka akan tampak kecil atau sedikit. Akan tetapi seperti yang dikemukakan Imam Ali, lakukanlah kebajikan dan jangan pernah menyepelekannya. Kita tidak tahu, tidak memahami, dan tidak menyaksikan, apakah amal tersebut besar atau kecil. Mengapa kita tidak boleh memberikan penilaian terhadap amal kebajikan dengan paraeter duniawi, melainkan dengan parameter lain? Karena bisa jadi kebajikan yang kita anggap kecil, ternyata besar di alam sana.”

“Untuk perbuatan buruk juga demikian. Berhati-hatilah dan waspadalah. Kalian menganggap berbohong, menuduh, atau mengghibah, tidak lebih dari gelombang suara yang tidak memiliki pengaruh. Kalian menganggap jika kalian melakukan maksiat besar atau memakan sesuatu yang haram, semuanya tidak berpengaruh. Ketahuilah bahwa hingga 40 hari doa dan juga amal ibadah kalian tidak akan diterima Allah Swt.” (IRIB Indonesia/MZ)

http://indonesian.irib.ir/hidden-2/-/asset_publisher/8vZ2/content/berbuatlah-kebajikan-kecil-atau-besar-dan-jangan-menyepelekannya?redirect=http%3A%2F%2Findonesian.irib.ir%2Fhidden-2%3Fp_p_id%3D101_INSTANCE_8vZ2%26p_p_lifecycle%3D0%26p_p_state%3Dnormal%26p_p_mode%3Dview%26p_p_col_id%3Dcolumn-2%26p_p_col_count%3D1

Iklan

2 responses to “Berbuatlah Kebajikan, Kecil atau Besar, dan Jangan Menyepelekannya

  1. tak ada daya di hati kecuali
    semoga keteguhan meringkasi
    semua laku dan waktu utk
    ibadah .Aammiin.
    tak ingin dosa namun semoga
    dosa merupakan peringatanku di akhir hayat
    menciptakan ku langkah
    arti dan khusu’.Aammiin.
    ku terobsesi duniawi semoga
    pun bukan ku lalai namun
    arti kesepianku menantang
    hidup tiada henti asa…
    ku ingin kembali tiada dosa
    mengharap di sisinya mulia.
    Aammiin ya robbal alamiin.

  2. Ping-balik: likazaqi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s