Galeri

Dien Syamsuddin : “Fatwa Sesat Ulama Pemicu Konflik Sunnah-Syi’ah”

Dien Syamsudin Ketua Umum PP Muhammadiyah menegaskan, timbulnya konflik beragama akibat pembenaran mutlak pada kelompoknya dan menjatuhkan ‘Fatwa Sesat‘ terhadap kelompok lain | Jakarta Media News.

Fatwa sesat pemicu konflik antar umat beragama di Indonesia

“Sampai kapan pun dan dimanapun saya menentang keras sikap ulama yang menyesatkan aliran lainnya. Terlepas setuju atau tidak dengan paham yang diyakini aliran lain, tetap tidak boleh menyebutnya sesat,” tegas, Din Syamsudin pada acara MASTA (Masa Ta’ruf) Universitas Muhammadiyah di Kartasura, Jawa Tengah siang tadi (28/08). Menurut Din Syamsudin, ‘Fatwa sesat’ dan sikap sebagian kecil ulama ini yang kerap kali justeru menambah panas situasi.

Dampak psikologis kata ‘Fatwa Sesat’ bagi umat beragama

Sebagai cendekiawan Muslim yang berpandangan luas, Din Syamsudin menekankan pentingnya kehadiran negara untuk mengatasi persoalan bangsa, sehingga benih-benih sikap intoleran antar umat beragama segera bisa dikikis, atau setidaknya negara bisa mengekang dan membatasi ruang gerak mereka yang bersikap intoleran tersebut. Terlebih lagi bila sikap intoleran itu justeru ditampilkan oleh para pemimpin umat yang punya pengaruh kuat kepada para pengikutnya.

Terkait dengan konflik antara kelompok Syiah-non Syiah, yang berujung pada kerusuhan Sampang kemarin, tokoh intelektual Islam itu juga menolak usulan untuk merelokasi kelompok Syiah di Sampang pada tempat khusus. Menurut Din Syamsudin, ini justeru bisa menjadi preseden buruk untuk kerukunan umat beragama.

“Peran negara, dalam hal ini pemerintah, harus bisa mengambil tindakan tegas yang bisa memberikan efek jera pada para pelakunya, jika tidak mereka akan semakin berani memecah belah masyarakat”. Lebih jauh Din Syamsudin menegaskan, siapa saja yang terlibat dalam kerusuhan, pemerintah harus berani bertindak tegas dan diungkapkan secara terbuka, jangan ditutup-tutupi.

Sikap tegas Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut patut menjadi teladan bagi para pemimpin umat lain, agar tidak sembarangan dan semberono mengeluarkan Fatwa sesat hanya untuk mencari popularitas di mata para pengikutnya. Kata Fatwa Sesat ini sangat berbahaya dan bisa terus memicu konflik dalam aspek kemajemukan di Indonesia (Hen/Red)

Sumber : Jakarta Media News

http://www.jakarta-media.com/fatwa-sesat-dan-sikap-sebagian-kecil-ulama-pemicu-konflik-antar-umat-beragama.html

Iklan

One response to “Dien Syamsuddin : “Fatwa Sesat Ulama Pemicu Konflik Sunnah-Syi’ah”

  1. Wahai pembikin fatwa syiah sesat, mari bermubahalah sama ane “Ane Ali Al Mujtaba bermubahalah jika ente yang berfatwa syiah sesat itu bukan orang yang sesat menurut Alloh maka ane akan dihukum Alloh dengan hukuman yang sangat pedih mulai detik ini juga sampai akhir hayat ane”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s