Galeri

Kerajaan Saudi Angkat Menteri Dari Muslim Syi’ah

850254107731Muhammad bin Faishal bin Jabir Abu Saq (محمد بن فيصل بن جابر أبو ساق) atau Dr. Muhammad Abu Saq merupakan menteri pertama di Kerajaan Arab Saudi yang beraliran Syiah.

Pengangkatan menteri beraliran Syi’ah pada malam bulan Ramadlan oleh Raja Abdullah pada 2014 lalu itu memang mengundang berbagai macam komentar. Langkah kontrioversial itu dianggap telah terjadi pergeseran sejarah.

Beberapa waktu lalu terbetik kabar bahwa kerajaan Arab Saudi (baca, AS) untuk pertama kalinya mengangkat seorang Muslim Syiah sebagai menteri dalam pemerintahannya. Sejumlah media massa Timur Tengah kemudian menayangkan foto DR. Mohammad Abu Saq yang bermazhab Syiah tersebut. Abu Saq diangkat sebagai Menteri Negara Urusan Dewan Permusyawaratan Negara menggantikan DR. Saud Almathami. Berita pengangkatan ini telah menghebohkan kawasan.

Abu Saq diangkat sebagai Menteri Majelis Syuro, setelah sebelumnya menjabat sebagai Ketua Komite Keamanan di Majlis Syuro. Pengalaman panjangnya dalam menduduki sejumlah jabatan penting membuatnya diangkat sebagai menteri.

Nah, mengapa sekarang tiba-tiba kerajaan AS mengangkat seorang menteri dari kalangan Syiah? Apakah ini pengakuan akan kekalahan? Atau kegagalan strategi? Atau sebuah rayuan? Atau apa? Apa kira-kira motif politik di balik pengangkatan ini?

Ada banyak spekulasi yang terlontar di kalangan pengamat. Rata-rata mengarah pada kesimpulan yang sama: AS mulai merasa khawatir dengan seabrek kegagalan strategisnya di kawasan. Di antaranya ialah kegagalannya memerangi Syiah di negerinya sendiri. Lebih tepatnya, di wilayah Provinsi Timur yang paling kaya minyak. AS juga gagal membekam aksi protes mayoritas rakyat Bahrain yang bermazhab Syiah terhadap kekuasaan keluarga Al Khalifa. Belum lagi kegagalannya menetralisir gerakan Anshar Allah yang lebih dikenal dengan Al-Houtsi di Yaman Utara yang berbatasan dengannya.

Dalam pelantikan tersebut, Abu Saq bersumpah :

” بسم الله الرحمن الرحيم .. أقسم بالله العظيم أن أكون مخلصاً لديني ثم لمليكي وبلادي ، وأن لا أبوح بسر من أسرار الدولة ، وأن أحافظ على مصالحها وأنظمتها ، وأن أؤدي أعمالي بالصدق والأمانة والإخلاص “.

“Bismillahirrahmanirrahim, aku bersumpah dengan nama Allah yang Maha Agung, aku akan setia kepada agamaku, rajaku dan negeriku. Aku tidak akan membocorkan rahasia-rahasia negara. Aku akan menjaga kemaslahatan dan perundang-undangan, dan akan melaksanakan tugasku dengan jujur, amanah dan ikhlas”.

Dalam kesempatan itu, Raja Abdullah memberikan ucapan selamat kepadanya, dan memohon kepada Allah agar membantunya untuk mengabdi kepada agama dan negeranya. Sementara Abu Saq mengucapkan terima kasih kepada Khodimul Haramain itu atas kepecayaan yang diberikan kepadanya, serta memohon kepada Allah agar membantunya menjalankan kepemimpinan yang bijaksana.

Pelantikan itu dihadiri oleh sejumlah pengeran Arab Saudi, diantaranya Pangeran Salman bin Abdul ‘Aziz alu Saud, Pengeran Sulthan bin Abdul ‘Aziz alu Saud, Pengeran Bandar bin Sultan bin Abdul ‘Aziz, Pengeran Khalid bin Bandar bin Abdul Amir dan sebagainya.

http://www.muslimedianews.com/2015/04/ini-menteri-arab-saudi-muhammad-abu-saq.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s