Galeri

Dua Pilot Indonesia Gabung Teroris Wahabi ISIS

dua-pilot-indonesia_20150709_155152

AUSTRALIA – Kepolisian federal Australia (AFP) membocorkan satu dokumen laporan intelijennya yang mengatakan bahwa dua pilot Indonesia yang bergabung Teroris Salafi Wahabi ISIS dikhawatirkan mengancam keamanan negaranya.

Berdasarkan isi laporan tersebut, dua pilot itu bernama Ridwan Agustin dan Tommy Abu Alfatih.

A. Ridwan Agustin (Ridwan Ahmad al-Indonesiy) :

Ahmad Ridwan

Pria ini sempat terdaftar sebagai pilot untuk penerbangan murah AirAsia.

Melalui akun media sosialnya, diketahui Ridwan pernah melakukan penerbangan ke Perancis, Hong Kong, Singapura, dan negara-negara lainnya yang masuk dalam lingkup rute penerbangan lokal dan internasional.

Ridwan mulai cenderung mengunggah postingan yang memperlihatkan dukungan pada ISIS sejak September 2014.

Ia juga sering terlihat berinteraksi dengan Tommy, yang namanya kerap muncul di bagian penyuka postingan unggahan Ridwan yang bertopik ISIs.

Pada daftar teman media sosialnya, ditemukan banyak sekali pengguna yang datang dari kelompok ekstremis, seperti ISIS dan kelompok teroris Salafi Wahabi di Indonesia.

Ridwan juga diperkirakan telah menikahi seorang wanita, yang pada akun medsosnya disebutkan pernah bekerja juga di AirAsia, tinggal di Bandung, dan terlihat beberapa kali pernah berfoto bersama Ridwan.

Menurut pantauan AFP pada foto-foto Ridwan, terlihat perubahan drastis pada penampilannya, yang semakin lama diwakili pakaian yang lebih Islami dan bulu wajah yang semakin lebat.

B. Tommy Abu Alfatih (Tomi Hendratno):

tommyInformasi pada medsosnya menyebutkan bahwa Tommy berdomisili di Bogor, Jawa Barat, dan telah menikah.

Ia juga sempat tergabung dengan Angkatan Udara TNI sebagai pilot, sebelum akhirnya bekerja untuk Garuda Indonesia, menjadi instruktur penerbang di akademi penerbangan Bali, dan bergabung dengan Premiair.

Tommy sudah pernah melakukan penerbangan ke Australia, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

Sejak Desember 2014, postingan terkait ISIS mulai muncul di akun medsos-nya dan kerap mengunggah ulang artikel berbau ekstrim dari beberapa laman daring dan pengguna medsos lain.

Daftar pertemanannya dipenuhi oleh pengguna yang menurut profil akunnya berprofesi sebagai pilot dan awak pesawat AirAsia, Lion Air, Garuda, Tiger Airways, Sriwijaya Air, dan sebagainya.

Tommy juga berhubungan dengan TNI, pilot-pilot kemiliteran, dan anggota Polri.

Menteri Tedjo Belum Dapat Informasi Dua Pilot Indonesia Gabung ISIS

JAKARTA – Polisi Federal Australia menyebut dua pilot asal Indonesia diduga terkait dengan gerakan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Tedjo Edhy Purdijatno, mengaku belum menerima informasi soal itu.

“(Saya) Belum dapat informasi, nanti saya akan kordinasi dengan BIN (Badan Intelijen Negara) Kepolisian dan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris),” kata Tedjo kepada wartawan di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Kamis (9/7/2015).

Tedjo yang juga merupakan kader Partai NasDem itu memastikan, pemerintah akan terus berupaya agar paham ISIS tidak berkembang di Indonesia. Informasi sekecil apapun tentang ISIS, pasti akan ditindaklanjuti.

“Jangan sampai paham ISIS berkembang di Indonesia, kalau ada demian informasi kita akan tangani,” ujarnya.

Seperti yang diberitakan the Guardian, otoritas keamanan Australia menyebut dua Pilot yang diduga terkait ISIS adalah Ridwan Agustin, alias Hobi Panahan, and Tommy Hendratno, alias Tomi Abu Alfatih. Mereka adalah pilot dari maskapai AirAsia.

Dari akun Facebook keduanya, diduga kedua Pilot tersebut mendukung gerakan ISIS. Bahkan salah satu Pilot itu sempat mendinggalkan pesan di akun Facebook milik pendukung ISIS.

Sumber : Tribun News

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s