Galeri

Alhamdulillah..Polri Batalkan Deklarasi Anti-Syiah

GP-Anshor

PURWAKARTA – Deklarasi anti-syiah bakal digelar pada Minggu 15 November 2015 di Aula Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta, Jawa Barat. Kepolisian setempat meminta acara itu dibatalkan sebab berpotensi menimbulkan konflik.

“Ini muncul dari hasil komunikasi dengan para ulama dan tokoh agama setempat terkait potensi negatif dari acara yang berbau intoleransi. Setelah berdiskusi, kami merasa bahwa deklarasi ini memang berpotensi menimbulkan konflik,” ujar Kapolres Purwakarta AKBP Truno Yudo Wisnu Andiko.

Oleh karena itu, Polres Purwakarta tidak mengeluarkan izin atas acara tersebut. Polisi pun berupaya melakukan pencegahan.

Sementara Komandan Distrik Militer (Dandim) 0619 Purwakarta Letnan Kolonel CZI Cahyadi Amperawan mengatakan, sebaiknya acara seperti itu tidak dilakukan. Sebab, pada akhirnya hanya mendiskriminasikan golongan tertentu.

“Kami khawatir jika deklarasi terjadi, malah akan menimbulkan konflik antara minoritas dan mayoritas di Purwakarta di masa datang,” tuturnya.

Sementara Ketua Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) Awod Abdul Gadir mengatakan, deklerasi itu sebetulnya merupakan gerakan nasional dan internasional. Awod pun meyakinkan tidak akan pernah ada aksi kekerasan yang muncul pasca-deklarasi.

http://news.okezone.com/read/2015/11/12/525/1247979/tni-polri-minta-deklarasi-anti-syiah-dibatalkan

GP Ansor Tolak Deklarasi Anti-Syiah di Purwakarta

Gerakan Pemuda (GP) Anshor Purwakarta meminta Polres Purwakarta tidak mengeluarkan izin digelarnya deklarasi anti-syiah di Purwakarta, pada Jumat (13/11/2015).

Ketua GP Anshor Purwakarta Anwar Nasihin mengatakan, konflik syiah – sunni merupakan konflik timur tengah. Dengan digelarnya deklarasi itu, sama saja dengan menghadirkan konflik timur tengah di Purwakarta.

“Maka dari itu, GP Anshor Purwakarta menilai, polisi harus mengkaji apakah layak izin itu dikeluarkan untuk deklarasi anti syiah,” ujar Anwar di Purwakarta, Minggu (8/11/2015).

Apalagi, kata dia, telah ada surat edaran Kapolri tentang ujaran kebencian (hate spech. Dalam edaran tersebut, polisi dituntut untuk responsif pterhadap gejala-gejala yang berpotensi menimbulkan tindak pidana ujaran kebencian.

“Dan di Perbup Nomor 70 Tahun 2015 Tentang Desa Berbudaya juga mengatur soal larangan ceramah yang profokatif,” ujar Anwar.

Ia memahami fenomena gerakan anti-syiah ini menyangkut soal pemahaman umat Islam terhadap keyakinannya terhadap Tuhan.

“Kami menganggap soal keyakinan itu sudah urusan masing-masing. Karenanya, tidak ada satu komunitas pun yang berhak menentukan komunitas lain itu sesat atau apapun,” ujarnya.

Selebihnya, apa yang ia sampaikan menekankan pada ancaman konflik yang timbul dari gerakan itu. Tidak hanya sekedar soal gerakan keagamaan.

“Gerakan ini bukan gerakan ideologis, tapi gerakan politik. Dan pertanyaannya, apa kita mau ada konflik timur tengah di tiap daerah. Dan yang pasti, ini mengancam persatuan dan kesatuan negara,” ujar dia.

http://www.salafynews.com/2015/11/09/gp-ansor-tolak-deklarasi-anti-syiah-di-purwakarta/

Bupati Purwakarta tak Suka Deklarasi Anti-Syiah

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, dengan tegas menolak menghadiri deklarasi anti-Syiah. Deklarasi itu diselenggarakan Aliansi Anti Gerakan Syiah (Annas). Deklarasi tersebut dijadwalkan digelar di Aula Kampus UPI Purwakarta pada Ahad (15/11).

“Saya di sebagai bupati di undang. Tapi, saya menolak untuk hadir,” ujar Dedi, kepada Republika.co.id, Kamis (12/11).

Dia menjelaskan alasan ketidakhadirannya, karena tidak suka bila ada golongan atau kelompok menjelek-jelekan paham yang lain. Apalagi, hari ini telah dikeluarkan surat edaran yang intinya Pemkab Purwakarta menjamin seluruh warganya untuk beragama dan berkeyakinan sesuai keyakinan masing-masing.

Karena itu, ia berterus terang tidak suka dengan kelompok yang anti dengan kelompok lainnya. “Semua orang bebas memiliki agama dan berkeyakinan. Tak perlu ada gerakan antipaham tertentu,” ujarnya.

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/15/11/12/nxp0nd334-bupati-purwakarta-tak-suka-deklarasi-antisyiah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s