Galeri

Indonesia-Iran Kerja Sama Pendidikan

373514

Indonesia dan Iran akan menjalin kerja sama dalam pengembangan pendidikan agama, baik pendidikan tinggi maupun pesantren guna membangun kembali peradaban Islam.

Menteri Agama Lukman Hakim menyambut baik undangan kerja sama dari Iran dan hal itu perlu dijalin ke arah yang lebih baik, demikian dikutip laman kemenag.go.id, Jumat.

Menag berharap melalui kerja sama tersebut, dapat terjalin pandangan yang sama mengenai Islam. Menurut dia, Iran merupakan salah satu negara yang berperan penting dalam membangun peradaban dunia.

Menag dalam kesempatan tersebut didampingi Dirjen Bimas Islam Machasin, Direktur Penerangan Agama Islam Muchtar Ali dan Kepuslitbang Kehidupan Keagamaan Muharra Marzuki.

Sambutan baik Lukman itu diutarakan saat jajaran Kemenag menerima delegasi Iran di antaranya Kepala Hubungan Internasional Hauzah Ilmiyah Qom-Iran Muhammad Hasan Zamani, Imam Besar Mahzab Syafii Iran Abdul Baist Qitali dan Duta Besar Iran untuk Indonesia Muhammadi.

Selain itu, turut serta perwakilan dari Iran seperti Direktur Perwakilan Al Musthafa International University Iran, Ketua Sekolah Tinggi Filsafat Islam Sadra dan Sekretaris Direktur Al-Musthafa dan Kepala PR Al Musthafa International University.

Dalam kesempatan itu, Zamani mengundang ulama di Indonesia untuk melihat lembaga-lembaga pendidikan di Iran.

http://www.antaranews.com/berita/565040/indonesia-iran-kerja-sama-pendidikan

Iran Ajak Indonesia Kerjasama Bidang Pendidikan

Republik Iran mengajak Indonesia untuk bekerjasama dalam pengembangan pendidikan agama, baik pendidikan tinggi maupun pesantren. Kerjasama ini dinilai penting dalam upaya bersama membangun kembali peradaban Islam.

Undangan kerjasama ini disampaikan oleh Kepala Hubungan Internasional Hauzah Ilmiyah Qom – Iran Prof Dr. Muhammad Hasan Zamani saat bertemu dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di kantornya, Jakarta, Jumat (03/06). Dalam kunjungannya, Zamani didampingi oleh Imam Besar Mahzab Syafii Iran Abdul Baist Qitali, dan Duta Besar Iran untuk Indonesia Dr Muhammadi. Turut serta dalam rombongan, Direktur perwakilan Al-Musthafa International University Iran, Ketua Sekolah Tinggi Filsafat Islam Sadra, Sekretaris Direktur Al-Musthafa dan Kepala PR Al-Musthafa International University.

Selain itu, Zamani juga mengundang ulama di Indonesia untuk melihat lembaga-lembaga pendidikan di Iran. Menag Lukman menyambut baik undangan tersebut dan memandang perlu jalinan kerjasama di bidang pendidikan. Menag berharap, melalui kerjasama tersebut, dapat terjalin pandangan yang sama mengenai Islam.

Kepada Zamani dan rombongan, Menag menyatakan bahwa saat ini Kementerian Agama tengah berupaya memperbaharui kurikulum Ma’had Aly sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi keagamaan yang berbasis di pesantren. Menag juga berencana untuk membentuk tim dalam rangka menjalin hubungan kerjasama di bidang pendidikan terutama pada jenjang doktoral (S3).

Menag yang dalam kesempatan tersebut didampingi Dirjen Bimas Islam Machasin, Direktur Penerangan Agama Islam Muchtar Ali, dan Kepuslitbang Kehidupan Keagamaan Muharra Marzuki mengapresiasi kunjungan para tokoh Iran. Menurutnya, Iran merupakan salah satu negara yang berperan penting dalam membangun peradaban dunia.

https://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=373514

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s