Galeri

FITNAH : “AJARAN SYI’AH DALAM BUKU PELAJARAN SMA”

pai-1

Dalam 2 hari telah menjadi viral bahwa Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMK kelas XI ditengarai terselip konten ajaran Syi’ah berupa syahadat yang konon adalah versi mazhab Syi’ah. Alhamdulillah berita hoax ini mendapat respon dari pihak penulis maupun penerbit bahwa ini hanyalah fitnah dari orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Motif fitnah atas buku terbitan Penerbit Erlangga itu bisa jadi karena persaingan bisnis atau motif adu-domba yang selama ini biasa dilakukan oleh kelompok intoleran dan mereka yang mengusung ajaran Wahabi radikal. Karena telah terbukti mereka menyusupkan ajaran radikal dan kelompok Wahabi ini sangat gemar menyesat-kafirkan sesama Muslim dan gigih dalam membuat provokasi, fitnah dan adu-domba mazhab.

Sebut saja beberapa kasus penyusupan ajaran radikal Wahabi dibuku pelajaran SMA dan soal ujian SD kelas dua sangat mendapat perhatian semua pihak seperti link yang kami tampilkan berikut ini :

1.Ajaran Radikalisme Wahabi Masuk Buku PAI Tingkat SMA
http://www.nu.or.id/post/read/58301/ajaran-radikalisme-wahabi-masuk-buku-pai-tingkat-sma

2.Pelajaran SMA Mengutip Ajaran Wahabi, Soal SD Bermuatan ‘Pembunuhan’
https://islamindonesia.id/berita/sorotan-pelajaran-sma-mengutip-ajaran-wahabi-soal-sd-bermuatan-pembunuhan.htm

3.Buku Pelajaran Agama Islam Ajarkan Radikalisme Wahabi Salafi
https://satuislam.wordpress.com/2015/03/21/buku-pelajaran-agama-islam-ajarkan-radikalisme-wahabi-salafi/

4.Setelah Wahabi, Kini Pelajaran MAN Disusupi Ajaran HTI
Setelah Wahabi, Kini Pelajaran MAN Disusupi Ajaran HTI

Klarifikasi dari Pihak Penerbit Erlangga dan Team Penulis :

Klarifikasi ini ditulis oleh Abdul Hakim, S.Kom, MM. Dalam komentarnya, beliau sudah melakukan klarifikasi terhadap tim penulis dan mereka beraqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah bukan Syiah. Berikut ini komentar beliau:

Saat perbincangan tentang buku ini menyeruak, saya segera mencari buku tersebut agar bisa tabayyun (klarifikasi) dari sumbernya. Sebagai Pendidik, saya sangat khawatir jika paham syiah masuk ke dunia pendidikan formal. Karena ini sangat berbahaya sekali, bukan hanya bagi ummat tapi juga Bangsa Indonesia.

Setelah saya dapatkan buku yang dimaksud, saya cek halaman demi halaman. Tidak ada halaman yang memuat syahadat Syiah dalam buku ini. Posting gambar di atas (syahadat syiah) tidak ada sama sekali dalam buku dimaksud. Sebaiknya kita berhati-hati untuk posting yang belum tentu kebenarannya.

Selain itu, saya coba mencari orang-orang yang menulis buku ini. Saya investigasi. Ternyata, para penulis adalah muslim beraqidah ahlussunnah wal jama’ah yang taat beragama, mereka begitu mencintai para sahabat-sahabat nabi dan berupaya menjadi qudwah. Bahkan mereka membuat klarifikasi untuk disebar di sosial media sbb:

“ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB, SEHUBUNGAN DENGAN ADANYA WA GRUP YANG MENGAITKAN COVER KARYA KAMI DENGAN 1 HALAMAN YANG ISINYA TEKS SYAHADAT dst. DENGAN INI KAMI LAKUKAN KLARIFIKASI:

1. TIDAK ADA HUBUNGAN SAMA SEKALI ANTAR KEDUANYA.

2. TEKS ITU TIDAK ADA SATU HURUFPUN YANG TERCANTUM DALAM KARYA KAMI.

KESIMPULANNYA, SEMUA ITU ADALAH FITNAH YANG TIDAK BISA DIPERTANGGUNGJAWABKAN. DEMIKIAN KLARIFIKASI INI KAMI SAMPAIKAN, HARAP MENJADI MAKLUM (TTD. TIM PENULIS).

Sebagai muslim, tentunya saya berupaya agar ukhuwah ini tetap terjaga. Kita tetap memegang prinsip kehati-hatian, namun prinsip ukhuwah untuk menyebarkan berita yang valid (sahih berdasarkan data) dan bertanggungjawab.

salam ukhuwah dari kami,
Abdul Hakim, S.Kom, MM

Kepala SMPIT di Jakarta.

Sekian, kepada pembaca dan pihak penerbit Erlangga khususnya, saya mohon maaf jika sudah mencemarkan nama baiknya, in uriddu illal ishlaaha mas tatha’tu.

Demikian, harap menjadi maklum.
_______________________________________________________________________________
Ini klarifikasi dari penerbit Erlangga

Bapak2 Yth. Jika ada yg menginfokan bahwa di buku agama & budi pekerti smk erlangga ada yg mengatakan “syahadat syiah” hal tsb adalah FITNAH.

Ini klarifikasi Pak Syarief (amd produk)….
“Bukan pak. Itu bukan halaman pada buku pai smk atau pai erlangga manapun. Template dan desainnya saja berbeda apalagi isinya. Itu fitnah.”

HIKMAH

Hikmah yang bisa kita ambil dari peristiwa ini adalah bahwa apabila mendapat berita maka hendaknya lakukan tabayyun dan cros cek terlebih dahulu agar kita tidak ikut menyebarkan berita dusta sebagaimana sabda Baginda Rosul saw ; al-Fitnatu Naaimah la’anallahu man aiqozhoha, fitnah itu tidur dan Allah melaknat orang yang membangunkannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s